About

Kamis, 27 Juni 2013

Apliasi Chat phone berbasis Corba pada bidang Komunikasi

            Selamat Pagi, sobat khapury  ... Gimana dengan persiapan menjelang ramadhannya ? OK untuk persiapannya kita simpan dulu. Kenapa ? Karena sobat harus simak dulu mengenai artikel berikut ,, selamat menyimak 
           
            CORBA adalah sebuah arsitektur software yang berbasis pada teknologi berorientasi obyek atau Object Oriented (OO) dengan paradigma client-server. Dalam terminologi OO, sebuah obyek berkomunikasi dengan obyek lain dengan cara pengiriman pesan (message passing). Konteks komunikasi ini kemudian dipetakan ke dalam model client-server: satu obyek berperan sebagai client (si pengirim pesan) dan yang lain bertindak sebagai server (yang menerima pesan dan memroses pesan yang bersangkutan).


Didalam bidang Komunikasi, corba dijadikan basis pembuatan aplikasi Chat. Tetapi kedudukan corba disini dijadikan sistem pendukung dalam pembuatannya, karena sistem utamanya adalah J2EE (Java 2 Enterprise Edition) yang merupakan superset dari standart Java. Teknologi Java yang

satu ini digunakan untuk pengembangan aplikasi-aplikasi enterprise. J2EE meliputi beberapa
teknologi pendukung untuk, yaitu Java Server Pages(JSP), Java SerVlet, Java, CORBA.  Aplikasi Chat ini, diterapkan dalam ponsel. Tetapi dalam pengembangannya masih sangat minim, sehingga dari segi tampilan masih kalah dibanding dengan Yahoo Messenger dan aplikasi chat lainnya yang user interfacenya sudah baik. Berikut gambaran system Chat Phone :

Dapat dilihat alir data yang terjadi dalam system chat phone. Terdapat 5 entity yang tergambar dalam class diagram tersebut. 

       

0 komentar:

Posting Komentar